RSS

My Very First Eggs Benedict

12 Feb

Seperti para sarjana baru pada umumnya, kegiatan saya hanya mencoba melamar pekerjaan sana-sini, belajar apa yang bisa saya pelajari di rumah dan hibernasi memanfaatkan waktu untuk beristirahat selagi masih bisa.

Tapi sebenarnya, saya bukan tipe orang yang senang berdiam diri di rumah. Maka untuk mengisi waktu kosong yang kebanyakan ini, beberapa minggu yang lalu saya mencoba resep makanan yang saya dapatkan dari internet.

Namanya Eggs Benedict, adalah makanan yang biasa disantap orang Amerika saat brunch atau sarapan. Berikut penampakannya.

P_20160104_114213_1.jpg

even its the first time, but taste so yummy! ain’t I lucky?

enak enak enaaaakk.. apalagi waktu poached eggnya meleleh di mulut. Aduuuuh! Buat para fans telur setengah matang, pasti suka deh makanan ini! Buat yang mau nyoba, ini saya kasih resepnya. (Biasakan baca dulu cara buatnya sampai selesai ya, biar gak salah)

 

Egg Benedict :

4 butir telur ayam

4 buah roti burger (seharusnya english muffin, tp krn gak nemu jadi pake yg ada aja)

4 daging canadian bacon (saya pake daging sapi asap, padahal bacon pasti lbh enak)

1 sdm garam

1 sdm butter

1 sdm cuka

Hollandaise Sauce :

2 kuning telur ayam (pisahkan dari putihnya)

1 sdm air perasan lemon

100 gram unsalted butter (lelehkan dan biarkan sampai tidak panas lagi)

2 sdm air

merica dan garam secukupnya

resep aslinya pakai daun parsley, saya gak pake soalnya gak ketemu juga hihi..

 

Cara buatnya :

Hollandaise Sauce :

Dalam membuat Eggs Benedict, Hollandaise sauce adalah keharusan dan dibuat paling pertama.

  • Rebus air hingga mendidih. Kocok kuning telur dalam wadah, kemudian taruh di atas air mendidih (caranya ditim, seperti melelehkan coklat. Pastikan air rebusan tidak mengenai wadah yang berisi telur).
  • Sambil terus diaduk dengan whisk, campurkan butter sedikit demi sedikit ke dalam wadah yang berisi kuning telur. Angkat wadah.
  • Aduk terus hingga mengental, kemudian tuangkan air perasan lemon ke dalam wadah.
  • Tambahkan garam dan merica, dan juga air. Aduk lagi hingga merata.

Eggs Benedict :

Bila Hollandaise Sauce sudah jadi, saatnya membuat Eggs Benedictnya.

  • Buat dulu poached egg atau telur rebus setengah matang (Poached egg adalah telur yang direbus tanpa kulitnya. Kayak di tukang indomie itu loh). Didihkan air, masukan garam dan cuka ke dalamnya. Aduk-aduk air seperti pusaran, lalu masukan telur ke dalam panci (pecahkan dulu kulitnya ya). Cuka akan menjaga agar poached egg mu bisa mengumpul dan tidak berantakan. Jadi bentuknya bagus. Boleh setengah matang atau matang (biasanya sih setengah matang). Angkat dan tiriskan
  • Masak daging sapi asap atau baconnya sampai matang.
  • Belah dua roti burgernya, masak hingga garing dan renyah.
  • Susun roti, daging sapi asap/bacon, dan poached eggs secara bertingkat. Kemudian tuangkan Hollandaise Sauce tadi di atasnya. Tambahkan daun parsley
  • Eggs Benedict buatanmu, siap disantap.

 

Gimana? tertantang buat nyoba? kalau kamu lihat wujudnya, mungkin kamu pikir bakal ribet ngebuatnya. Tapi ternyata gampang kok, readers! Oiya, saya ingetin lagi.. waktu bikin Hollandaise Sauce, butternya jangan terlalu panas ya. Jangan juga batas air mendidihnya terlalu dekat sama wadah. Karena nanti Hollandaise Sauce mu malah bisa jadi semacam telur orak-arik gagal. ;p

Oke, segitu dulu resepnya ya. Maaf gak ada gambar pendukung waktu proses pembuatannya. Kalau emang bingung, kalian bisa lihat di youtube. Banyak kok video cara membuatnya disitu. Toodles!

 
Leave a comment

Posted by on February 12, 2016 in Food and Drink

 

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a comment

 
its nothing

The Lady and Her Monkey

BULETAPIBLOG

The Lady and Her Monkey

All About Us, All About CCI!

The Lady and Her Monkey

Dedea Andasari

The Lady and Her Monkey